Kamis, 09 April 2015

Trip To Jade Factory in Beijing



Trip To Jade Factory in Beijing  kezia skin expert Tadi siang, gue nonton program pujaan gue di NatGeo Petualangan, nama acaranya Somewhere in China.

Program ini menceritakan berkenaan dua bersaudara bernama Jeff and Peter Hutchens, mereka berdua yaitu anak diplomat yg ngabisin periode kecilnya disana, & cocok udah besar, mereka kembali travelling ke China buat ngebandingin apa yg ia liat dahulu & waktu ini.

Episode yg gue saksikan tadi membawa ruang di Kashgar, kota bidang Barat di Cina yg mayoritas penduduknya muslim. Dulunya daerah ini masuk dalam jalur Sutera, jalur perdangan yg menghubungkan antara Eropa, Timur Tengah, & Asia. Kashgar ini teramat populer yang merupakan penghasil batu giok yg populer.

Menurut warga China, batu giok lebih mempunyai ‘nilai’ dibanding emas. Jaman dulu, batu giok dapat digunakan yang merupakan fasilitas menjual beli, bahkan mampu buat bayar pajak.

Di program itu pun ditunjukkan dengan cara apa sulitnya mencari batu giok & memastikan yg ori, Jeff & Peter coba untuk cari peruntungan dari temuan batu gioknya, tepat ia ke pasar buat menjual gioknya, eh nyatanya salah! hahaha.

Habis nonton ini, gue serta-merta terinspirasi utk nulis pengalaman trip gue th 2011 silam ke Beijing . disaat itu, gue ‘terjebak’ utk mengunjungi salah satu pabrik Giok yg ada di barat laut kota Beijing. hehehe.

Macam Mana menjebaknya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar